cara mengembangkan potensi peserta didik

nurikasandi.blogspot.com
Cara Mengembangkan Potensi Peserta Didik
berbagai upaya terobosan tengah silakukan pemerintah dewasa ini berkaitan dengan mencari dan mengembangkan potensi-potensi yang harus dikuasai oleh guru, yang bertindak sebagai sumber daya manusia yang menjembatani perlembagaan ilmu pengetahuan serta teknologi yang hars di transfer kepada peserta didik guna mengembangkan bakat, minat serrat potensi yang dimiliki peserta didik sehingga kelak kemudian hari mampu mengisisi kemerdekaan ni dengan berbagai potensi yang dikuasai sehingga pembangunan pendidikan nasionak dapat terwujud dengan sempurna karena di isi oleh generasi muda yang berkualitas. pendidikan mempunyai pranan yang sangat vital serta merupakan suatu wadah yang sanga teapt di dalam uoaya peningkatan kualitas sumber daya manusia serta hars menjadi prioritas secara optima dan berkesinambungan , agar kualitas pendidikan peserta didik pada jenjang pendidikan dasar. perlu menjadi acuandimana jenjang oendidikan sekolah dasar sangat menentukan tingkat keberhasilan peserta didik.

perkembangan peserta didik
pendidikan yang berlaku di indonesia, baik pendidikan yang diselenggarakan  di dalam ataupun di luar sekolah, pada umumnya diselenggarakan dalam bentuk klasikal. penyelenggaraan pendidikan klasikal ini berarti memeberlakukan sama seua tindakan pendidikan kepada semua oeserta didik, walaupun diantara masing-masing mereka sanagt berbeda. oleh karena itu yang harus mendapatkan perhatian di dalam penyelenggaraan pendidkan adalah sifat-sifat  dan kebutuhan umum remaja, seperti pengakuan akan kemampuannya, ingin untuk mendapatkan kepercayan, kebebasan, dan semacamnya.
beberapa pengeyelenggaraan yang perlu dilakukan dalam pemyelenggaraan pendidikan sehubungan dengan minat dan kemampuan peserta didika yang di kaitan terhadao cita-cita kehidupannya antara lain:

  1. Bimbingan karir dalam upaya mengarahkan siswa untuk menentukan pilihan jenis pendidikan dan jens pekerjaan sesuai dengan kemampuannya.
  2. memberikan latihan-latihan praktis terhadap siswa dengan orientasi kepada kondisi (tuntutan) lingkuangan.
  3. penyusunan kurikulum yang komprehensif dengan mengembangkan kurikulum muatan lokal.
jika ingin menjadi yang terbaik dbidangnya mak tidak ada pilihan lain bagi kitaselain dengan memaksimalkan sumber daya yang kita miliki. hal ersebut dapat kita lakukan dengan cara berkut:

  1. menetukan prioritas hidup.
  2. memfokuskan diri pada prioritas yang sudah ditentukan
  3. menghindari keluh kesah.
  4. menikmati hal-hal yang perlu.
  5. menghindari hal-hal yang sia-sia.
  6. mencintai pekerjaan yang kita tekuni.
  7. menangani tuga-tugas menantang.

ToriKonstruktivistik Dlam Mengembangkan Potensi Yang Dimiliki Seorang Anak
"teori knstruktivisik memahami belajar sebagai proses pembentukan (konstruksi) pengetahuan oleh si belajar itu sendiri". teori konstruktifistik merupakan pemahaman peserta didik dalam memahami pengetahuan dengan cara peserta didik aktif menggali dan mencari informasi. peran seorang guru disini adalah menjadi fasilitator dan mediator bagi peserta didik. teori ini snagat cocok bila diterapkan untuk mengembangkan potesi yang dimiliki seorang anak, karena dengan teori ini seorang anak bebas mengekspresikan apa yang diinginkannya. anak bebas mengembangkan potensi diri. peserta didik tidak terpaku pada guru, peserta didik dibiasakan untuk belajar mandiri dalam mengembangkan potesi dirinya tentu dengan pengawasan orang tua dan guru sebagai fasilitator dan mediatornya.
manfaat yang diperoleeh seorang anak adalah:

  1. mempertajam analisi.
  2. mengasah multiple inteligences.
  3. memupuk tanggung jawab.
  4. mengembangkan daya tahan mental.
  5. meningkatkan ketrampilan.
  6. memecahkan masalh.
  7. mengambil keputusan.
  8. berpikir kreatif.
  9. berpikir kritis.
  10. percaya diri yanng kuat.
  11. menjadi guru untuk dirinya sendiri. 
 potensi diri peserta didik diasah sejak dini dari sekolah, tanpa menghilangkan pesan orang tua dalam proses pengembangan potensi diri peserta didik. di sekolah guru sebagaiujung tombak pembelajaran mengajarkan berbagai ilu dna ketrampilan kepada peserta didik. sekolah formal efektif, karena setiap anak memiliki pola pikiir dan potensi diri yang berbeda. dalam kata lain kurikulum tidak bisa menjadi patokan dalam menjalankan proses pembelajran.
potensi diri yang dimiliki masing-masing peserta didik seharusnya dapat disalurkan dengan baik oleh sekolah sebgaai lembaga pendidikan. anak merasa bosan dengan proses belajar mengajar. kegiatan ekstrakulikuler dapat menjadi salah satu jalan untuk menyalurkan anatara peserta didik dengan bakat dan minat masing asing. tidak harus engikuti kegiatan ekstrakulikuler di sekolah, di tempat lain jika dayang dirasa sesuia dengan bakat dan minat anak selayaknya orang tua dapat memfasilitasi anak untuk menyalurkan hoby ang sesuai dengan bakatnya.
kekhasan yangdimiliki oleh seornag berpengaruh besra pada pembentukan erat dengan prestasi yang hendak di raih didalam hidupnya kelak. kekurangan dan kelebihanyang dimiliki dalam konteks potensi diri adalah jika terolah dengan baik dan akan memperkembangkanbaik secara fisik maupun mental. aspek diri yang dimiliki seseorangyang patutu untuk diperkembangkan antara lain:

  1. Diri fisik: meliputi tubuh dan anggotanya beserta prosesnya.
  2. Proses diri : merupakan alur atau arus pikiran, emosi dan tingkah laku yang konstan/
  3. Diri sosial: adalah bentuk fikiran dan perilaku yang diadopsi saat merespon orang lain dan mesyarakat sebagai satu kesatuan yang utuh.
  4. Konsep diri: adalah gambaran mental atau keseluruhan pandangan seseorang tentang dirinya.
setaiap individu  memiliki potesi diri, dan tentu berbeda setiap apa yang dimiliki antara satu orang dengan orang lain. potensi diri fisik akan semakin berkembang bila secara intens dilatih dan dipelihara.
potensi diri psikis adalah bentuk kekuatan diri secara kejiwaan yang dimiliki seseorag dan memungkinkan untuk ditingkatkan dan dikembangkan apabila dipelajari dan dilatih dengan baik.nurikasandi.blogspot.com/2018/02/cara-mengembangkan-potensi-peserta-didik.htmlnurikasandi.blogspot.com/2018/02/cara-mengembangkan-potensi-peserta-didik.html

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN GERBANG LOGIKA

tugas-tugas perkembangan remaja