tugas-tugas perkembangan remaja
nurikasandi.blogspot.co.id/2018/tugas-tugas-perkembangan remaja.html
TUGAS- TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA
- DEFINISI TUGAS-
TUGSA PERKEMBANGAN REMAJA
Tugas perkembangan adalah sesuatu tugas
yang timbul pada periode tertentu dalam kehidupan seseorang. Adapun menurut
Robert Havighurst, tugas perkembangan ialah tugas yang terdapat pada suatu
tahap kehidupan seseorang, yang akan membawa individu kepada kebahagiaan dan
keberhasilan dalam tugas-tugas pengembangan berikutnya yaitu apabila tahap
kehidupan tersebut dijalani dengan berhasil. Sedangkan kegagalan dalam
melaksanakan tugas pengembangan, akan mengakibatkan kehidupan tidak bahagia
pada individu dan kesukaran-kesukaran lain dalam hidupnya kelak.
Tugas-tugas perkembangan remaja
mempunyai tiga macam tujuan yang sangat bermanfaat bagi individu dalam
menyelesaikan tugas perkembangan tersebut, yaitu::
- Sebagai
petunjuk bagi individu untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat
dari mereka pada usia-usia tertentu.
- Memeberikan
motivasi kepada setiap individu untuk melakukan apa yang diharapkan oleh
kelompok pada usia tertentu sepanjang kehidupannya.
- Menunjukkan
kepada setiap individu tentang apa yang akan mereja hadapi dan tindakan
apa yang diharapkan dari mereka jika nantinya akan memasuki tingkat
perkembangan berikutnya.
Tugas-tiga
perkembangan itu ada yang dapat diselesaikan dengan baik da nada juga yang
mengalami hambatan tidak dapat diselesaikannya degan baik suatu tugas
perkembangan dapat menjadi suatu bahaya potensial. Setidaknya, adaa tiga macam
bahaya potensial yang dapat menjadi penghambat dalam penyelesaian tugas
perkembangan yaitu:
- Harapan-harapan
yang kurang tepat, yaitu individu itu sendiri maupun lingkungan sosial
mengharapkan perlaku yang di luar kemampuan fisik maupun psikologinya.
- Melangkahai
tahap-tahap tertentu dalam perkembangan sebagai akibat kegagalan menguasai
tugas-tugas tertentu.
- Adanya
krisis yang dialami individu karena melewati satu tingkatan ke tingkatan
yang lain.
- JENIS-JENIS TUGAS
PERKEMBANGAN REMAJA
Tugas-tugas
perkembangan remaja antara lain:
1. Mencapai
hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita
a. Hakekat
tugas
Mempelajari
peran anak perempuan sebagai wanita dan anak laki-laki sebagai pria, menjadi
dewasa diantara orang-orang dewasa, dan belajar memimpin tanpa menekan orang
lain.
b. Dasar
biologis
Secara
biologis, manusia terbagi menjadi dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan.
c. Dasar
psikologis
Dalamkelompok
sejenis, remaja belajar untuk bertingkah laku sebagai orang dewasa, sedangkan
dalam kelompok jenis kelamin lain remaja belajar menguasai ketrampilan sosial.
2. Mencapai
peran sosial pria dan wanita
a. Hakeka
tugas
Mempelari
peran sosial sesuai dengan jenis kelaminnya
b. Dasar
bilogis
Dtinjau
dari kekuatan fisik, remaja putri menjadi orang yang lebih lemah dibandingkan
remaja putra.
c. Dasar
psikologis
Peranana
sosial pria dan wanita memang berbeda. Remaja putra perlu menerima peran
sebagai seorang pria dan remaja putri perlu menerima peran sebagai seorang
wanita.
3. Menerima
keadaan fisiknya dan menggunakannnya secara efektif
a. Hakekat
tugas
Menjadi
bangga atau sekurang-kurangnya toleran dengan kondisi fisiknya sendiri, menjaga
dan melindungi, serta menggunakannya secara efektif
b. Dasar
biologis
Perkembangan
remaja disertai dengan pertumbuhan fisik dan seksual. Laju pertumbuhan tuuh
remaa putri cenderung lebih cepat bila dibandingkan dengan remaja putra. Bila
usia remaja putri mencapai 15 sampai 16 tahun, ia telah menlah mencapai bentuk
akhir tubuhnya. Sedangkan remaja putra , keadaan ini akan dicapai sekita usia
18 tahun
c. Dasar
psikologis
Terjadinya
perubahan bentuk tubuh yang disertai dengan perubahan sikap dan minta remaja.
Remaja suka memeperhatikan tubuh yang sedang dialaminya sendiri. Remaja putri
lebih suk berdandan dan berhias untuk menarik lawan jenisnya manakala dia sudah
mulai menstruasi.
4. Mencari
kemandirian emosionall dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
a. Hakekat
tugas
Membebaskan
sifat kekanak-kanakan yang selalu menggantungkan diri kepada orang tua,
mengembangkan sikap perasaan tertentu kepada orang tua tana menggantungkan diri
padanya.
b. Dasar
biologis
Kematangan
emosional individu. Individu yang tidak memeperoleh kepuasan di dalam
keluarganya akan keluar untuk mebangun ikatan emosional dengan teman sebaya.
c. Dasar
psikologis
Pada
masa ini remaja mengalami sikap ambivalen terhadap orang tuanya.
5. Mencapai
jaminan kebebasan ekonomis
a. Hakekat
tugas
Merasakan
kemampuan untuk membangun kehidupan sendiri.
b. Dasar
biologis
Kekuatan
dan ketrampilan fisika sudah cukup berarti untuk pelaksanaan tugas ini dan
sangat bermanfaat untuk mencapai tugas ini.
c. Dasar
psikologis
Remaja
sudah mulai memiliki hasrat untuk berdiri sendiri.
6. Memilih
dan menyiapkan lapangan pekerjaan
a. Hakekat
tugas
Memilih
pekerjaan yang memerlukan kemampuan sesuai dengan potensi yang dimiliki.
b. Dasar
biologis
Ukuran
dan kekuatan badan pada sekitar umur 18 tahun sudah cukup kuat dan tangkas
untuk memiliki dan menyiapkan diri
memperoleh sesuatu lapangan pekerjaan.
c. Dasar
psikologis
Dari
hasil penelitian mengenai minat di kalanngan remaja ternyata pada usia 16-19
tshun, minat utamanya tertuju pada pemilihan dan mempersiapkan lapangan
pekerjaan.
7. Mempersiapkan
untuk memasuki kehidupan berkeluarga
a. Hakekat
tugas
Mengembangkan
sikap yang positif terhadap kehidupan berkeluarganya. Khusus untuk remaja putri
termasuk di dalamnya kesiapan untuk secara psikologis memunyai anak.
b. Dasar
biologis
Kematangan
seksual yang normal yang menumbuhkan ketertarikan antar jenis kelamin.
c. Dasar
psikologia
d. Sikap
remaja terhadap perkawinan sangat bervariasi. Ada yang menunjukkan rasa takut, tetapi
ada yang menunjukkan sikap bahwa perkawinan justru merupakan suatu kebahagiaan
hidup.
8. Mengembangkan
ketrampilan intelektual dan konsep yang penting untuk kompetensi
kewarga-negaraan.
a. Hakekat
tugas
Mengembangkan
konsep tentang hukum, politik, ekonomi dan kemasyarakatan.
b. Dasar
biologis
Pada
usia remaja, sistem syaraf dan otak telah mencapai tahap ukuran kedewasaan.
c. Dasar
psikologis
Berkmbangnya
kemampuan kejwaan yang cukup besar dan perbedaan individu dalam perkembangan
kejiwaan yang sangat erat hubunganna dnegan perbedaan dalam penguasaan bahasa,
pemaknaan, perolehan konsep-konsep, minat, dan motivasi.
9. Mencapa
dan mengharapkan tngkah laku sosial yang bertanggung jawab
a. Hakekat
tugas
Berpartisipasi
sebagai orang dewasa yang bertaggung jawab dalam kehidupan masyarakat dan mampu
menjunjung tinggi nilai-nilai masyarakat dalam betingkah laku.
b. Dasar
biologis
Tugas
ini tidak terlalu menuntut dasar biologis. Tugas ini berkaitan erat dengan
pengaruh masyarakat terhadap individu, kecuali jika menerima adanya instink
sosial pada manusia. Atau emandang bagus tingkah laku remaja merupakan
sublimasi dari dorongan seksual.
c. Dasar
psikologis
Proses
untuk mengikatkan diri individu kepada kelompok sosialnya telah berlangsung
sejak individu dilahirkan sejak keci anak dinta untuk belajar menjaga hubungan
baik dengan kelompok, berpartisispasi sebagai anggota kelompok seba, dna
belajar bagaiman acarnyaberbuat sesuatu untuk kelompokmya.
10. Memperoleh
suatu himpunan nilai-nilai dan sistem etika sebagai pedoman tigkah laku
a. Hakekat
tugas
Membentuk
suatu himpunan nilai-nilai sehingga memungkinkan remaja untuk mengembangkan dan
merealisasikan nilai-nilai.
b. Dasar
biologis
Ini
diperoleh remaja melalui identififkasi pribadai ataupun penalaran dan aalisis
tentang nilai.
- TUGAS PERKEMBANGAN
REMAJA BERKENAAN DENGAN KEHIDUPAN BERKELUARGA
Secara
teoritis maka remaja dapat dibagi menjadi dua fase, yaitu: fasepertama adalah
pubertas dan fase kedua dalah adolesense. Menurut Monks, Knoers, dan Siti
Rahyau Harditono (2001), fase pertama menitik beratkan pada perkembangan fisika dan seksual serta pengaruhnya terhadap
gelaja-gejala psiko-sosial. Sedangkan fase kedua menitik beratkan pada
aspek-aspek nilai-nilai, moral, pandanga hidup, dan hubungan kemasyarakatan.
1. Faktor
penting yang mempengaruhi penyesuaian terhadap pasangan ialah:
a. Konsep
tentang pasangan yang ideal.
b. Pemenuhan
kebutuhan
c. Kesamaan
latar belakang kehidupan
d. Kesesuaian
minat
e. Kesesuaian
kepentingan bersama
f. Kepuasan
nilai
g. Konsep
peran
h. Perubahan
dalam pola hidup
2. Faktor
penting yang memepengaruhi penyesuaian seksual ialah:
a. Perilaku
seksual
b. Pengalaman
seksual masa lalu
c. Dorongan
seksual
d. Pengalaman
seksual marital awal
e. Sikap
terhadap enggunaan alat kontrasepsi
3. Faktor
yang mempengaruhi penyesuaian diri dengan pihak keuarga pasangan ialah:
a. Seterotipe
tradisional
b. Keinginan
untuk mandiri
c. Fanatisme
keluarga
d. Mobilitas
sosial
e. Anggota
keluarga berusia lanjut
f. Bantuan
keuangan untuk keluarga pasangan
- IMPLIKASI
TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA BAGI PENDIDIKAN
Mengingat
tugas-tugas perkembangan remaja harus dapat diselesaikan degan baik, maka
membawa implikasi penting bagi penyelenggaraan pendidikan dalam rangka membantu
remaja agar mampu meneyelesaikan tuas-tugas perkembangnnya dengan baik, yaitu:
1. Sekolah
dan perguruan tinggi perlu memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan-kegiatan
non akademik melalui berbagi perkumpulan, mislanya: perkumulan penggemar
olahraga sejenis, kesenian, berorganisasi, kegiatan kratif produktif,
kelompok-kelompok pengkajian, kepemimpinan, dan sjenisnya
2. Bial
terjadi remaja putra dan putri yang bertingkah laku tidak sesuai dengan jenis
kelaminnya, maka perlu dibantu melalui bimbingan dan konselng agar sadar betul
terhadap peranan jenis kelaminnya.
3. Demikina
juga dengan remaja putri terlalu mementingkan studi dan kariernya dan kemudian
sagat mengabaikan perhatiannya untuk beusaha menyiapkan diri secara dini menjad
seorang istri dan ibu, hendaka sekolah trurt membantunya agar ereka mampu
menerima peranannya sebagai wanita.
4. Siswa
yang lambat perkembangan jasmaniya diberi kesempatan berlomab dalam kegiatan
kelompoknya sendiri. Perlu diberikan penjelasan melalui bidang stusi biologi
dan ilmu kesehatan bahwa pada diri remaja sedang terjadi perubahan jasmani yang
bervariasi.
5. Memberikan
bantuan kepada siswa untuk memilih apangan pekerjaan yang sesuai dengan minat
dan keinginannya, sesuai dengan sistem kemasyarakatan yang dianutnya, dan
membantu siswa mendapatkan pendidikan yang bermanfaat utuk mempersiapkan diri
memasuki pekerjaan.
Sangat membantu saya dalam menambah pengetahuan dan literasi.Tapi tolong buatlah Blogspot tentang anime.
BalasHapus