tugas-tugas perkembangan remaja

nurikasandi.blogspot.co.id/2018/tugas-tugas-perkembangan remaja.html
TUGAS- TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA

  1. DEFINISI TUGAS- TUGSA PERKEMBANGAN REMAJA
Tugas perkembangan adalah sesuatu tugas yang timbul pada periode tertentu dalam kehidupan seseorang. Adapun menurut Robert Havighurst, tugas perkembangan ialah tugas yang terdapat pada suatu tahap kehidupan seseorang, yang akan membawa individu kepada kebahagiaan dan keberhasilan dalam tugas-tugas pengembangan berikutnya yaitu apabila tahap kehidupan tersebut dijalani dengan berhasil. Sedangkan kegagalan dalam melaksanakan tugas pengembangan, akan mengakibatkan kehidupan tidak bahagia pada individu dan kesukaran-kesukaran lain dalam hidupnya kelak.
Tugas-tugas perkembangan remaja mempunyai tiga macam tujuan yang sangat bermanfaat bagi individu dalam menyelesaikan tugas perkembangan tersebut, yaitu::
  1. Sebagai petunjuk bagi individu untuk mengetahui apa yang diharapkan masyarakat dari mereka pada usia-usia tertentu.
  2. Memeberikan motivasi kepada setiap individu untuk melakukan apa yang diharapkan oleh kelompok pada usia tertentu sepanjang kehidupannya.
  3. Menunjukkan kepada setiap individu tentang apa yang akan mereja hadapi dan tindakan apa yang diharapkan dari mereka jika nantinya akan memasuki tingkat perkembangan berikutnya.
Tugas-tiga perkembangan itu ada yang dapat diselesaikan dengan baik da nada juga yang mengalami hambatan tidak dapat diselesaikannya degan baik suatu tugas perkembangan dapat menjadi suatu bahaya potensial. Setidaknya, adaa tiga macam bahaya potensial yang dapat menjadi penghambat dalam penyelesaian tugas perkembangan yaitu:
  1. Harapan-harapan yang kurang tepat, yaitu individu itu sendiri maupun lingkungan sosial mengharapkan perlaku yang di luar kemampuan fisik maupun psikologinya.
  2. Melangkahai tahap-tahap tertentu dalam perkembangan sebagai akibat kegagalan menguasai tugas-tugas tertentu.
  3. Adanya krisis yang dialami individu karena melewati satu tingkatan ke tingkatan yang lain.
  1. JENIS-JENIS TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA
Tugas-tugas perkembangan remaja antara lain:
1.      Mencapai hubungan baru yang lebih matang dengan teman sebaya baik pria maupun wanita
a.       Hakekat tugas
Mempelajari peran anak perempuan sebagai wanita dan anak laki-laki sebagai pria, menjadi dewasa diantara orang-orang dewasa, dan belajar memimpin tanpa menekan orang lain.
b.      Dasar biologis
Secara biologis, manusia terbagi menjadi dua jenis yaitu laki-laki dan perempuan.
c.       Dasar psikologis
Dalamkelompok sejenis, remaja belajar untuk bertingkah laku sebagai orang dewasa, sedangkan dalam kelompok jenis kelamin lain remaja belajar menguasai ketrampilan sosial.
2.      Mencapai peran sosial pria dan wanita
a.       Hakeka tugas
Mempelari peran sosial sesuai dengan jenis kelaminnya
b.      Dasar bilogis
Dtinjau dari kekuatan fisik, remaja putri menjadi orang yang lebih lemah dibandingkan remaja putra.
c.       Dasar psikologis
Peranana sosial pria dan wanita memang berbeda. Remaja putra perlu menerima peran sebagai seorang pria dan remaja putri perlu menerima peran sebagai seorang wanita.
3.      Menerima keadaan fisiknya dan menggunakannnya secara efektif
a.       Hakekat tugas
Menjadi bangga atau sekurang-kurangnya toleran dengan kondisi fisiknya sendiri, menjaga dan melindungi, serta menggunakannya secara efektif
b.      Dasar biologis
Perkembangan remaja disertai dengan pertumbuhan fisik dan seksual. Laju pertumbuhan tuuh remaa putri cenderung lebih cepat bila dibandingkan dengan remaja putra. Bila usia remaja putri mencapai 15 sampai 16 tahun, ia telah menlah mencapai bentuk akhir tubuhnya. Sedangkan remaja putra , keadaan ini akan dicapai sekita usia 18 tahun
c.       Dasar psikologis
Terjadinya perubahan bentuk tubuh yang disertai dengan perubahan sikap dan minta remaja. Remaja suka memeperhatikan tubuh yang sedang dialaminya sendiri. Remaja putri lebih suk berdandan dan berhias untuk menarik lawan jenisnya manakala dia sudah mulai menstruasi.
4.      Mencari kemandirian emosionall dari orang tua dan orang dewasa lainnya.
a.       Hakekat tugas
Membebaskan sifat kekanak-kanakan yang selalu menggantungkan diri kepada orang tua, mengembangkan sikap perasaan tertentu kepada orang tua tana menggantungkan diri padanya.
b.      Dasar biologis
Kematangan emosional individu. Individu yang tidak memeperoleh kepuasan di dalam keluarganya akan keluar untuk mebangun ikatan emosional dengan teman sebaya.
c.       Dasar psikologis
Pada masa ini remaja mengalami sikap ambivalen terhadap orang tuanya.
5.      Mencapai jaminan kebebasan ekonomis
a.       Hakekat tugas
Merasakan kemampuan untuk membangun kehidupan sendiri.
b.      Dasar biologis
Kekuatan dan ketrampilan fisika sudah cukup berarti untuk pelaksanaan tugas ini dan sangat bermanfaat untuk mencapai tugas ini.
c.       Dasar psikologis
Remaja sudah mulai memiliki hasrat untuk berdiri sendiri.
6.      Memilih dan menyiapkan lapangan pekerjaan
a.       Hakekat tugas
Memilih pekerjaan yang memerlukan kemampuan sesuai dengan potensi yang dimiliki.
b.      Dasar biologis
Ukuran dan kekuatan badan pada sekitar umur 18 tahun sudah cukup kuat dan tangkas untuk memiliki  dan menyiapkan diri memperoleh sesuatu lapangan pekerjaan.
c.       Dasar psikologis
Dari hasil penelitian mengenai minat di kalanngan remaja ternyata pada usia 16-19 tshun, minat utamanya tertuju pada pemilihan dan mempersiapkan lapangan pekerjaan.
7.      Mempersiapkan untuk memasuki kehidupan berkeluarga
a.       Hakekat tugas
Mengembangkan sikap yang positif terhadap kehidupan berkeluarganya. Khusus untuk remaja putri termasuk di dalamnya kesiapan untuk secara psikologis memunyai anak.
b.      Dasar biologis
Kematangan seksual yang normal yang menumbuhkan ketertarikan antar jenis kelamin.
c.       Dasar psikologia
d.      Sikap remaja terhadap perkawinan sangat bervariasi. Ada yang menunjukkan rasa takut, tetapi ada yang menunjukkan sikap bahwa perkawinan justru merupakan suatu kebahagiaan hidup.
8.      Mengembangkan ketrampilan intelektual dan konsep yang penting untuk kompetensi kewarga-negaraan.
a.       Hakekat tugas
Mengembangkan konsep tentang hukum, politik, ekonomi dan kemasyarakatan.
b.      Dasar biologis
Pada usia remaja, sistem syaraf dan otak telah mencapai tahap ukuran kedewasaan.
c.       Dasar psikologis
Berkmbangnya kemampuan kejwaan yang cukup besar dan perbedaan individu dalam perkembangan kejiwaan yang sangat erat hubunganna dnegan perbedaan dalam penguasaan bahasa, pemaknaan, perolehan konsep-konsep, minat, dan motivasi.
9.      Mencapa dan mengharapkan tngkah laku sosial yang bertanggung jawab
a.       Hakekat tugas
Berpartisipasi sebagai orang dewasa yang bertaggung jawab dalam kehidupan masyarakat dan mampu menjunjung tinggi nilai-nilai masyarakat dalam betingkah laku.
b.      Dasar biologis
Tugas ini tidak terlalu menuntut dasar biologis. Tugas ini berkaitan erat dengan pengaruh masyarakat terhadap individu, kecuali jika menerima adanya instink sosial pada manusia. Atau emandang bagus tingkah laku remaja merupakan sublimasi dari dorongan seksual.
c.       Dasar psikologis
Proses untuk mengikatkan diri individu kepada kelompok sosialnya telah berlangsung sejak individu dilahirkan sejak keci anak dinta untuk belajar menjaga hubungan baik dengan kelompok, berpartisispasi sebagai anggota kelompok seba, dna belajar bagaiman acarnyaberbuat sesuatu untuk kelompokmya.
10.  Memperoleh suatu himpunan nilai-nilai dan sistem etika sebagai pedoman tigkah laku
a.       Hakekat tugas
Membentuk suatu himpunan nilai-nilai sehingga memungkinkan remaja untuk mengembangkan dan merealisasikan nilai-nilai.
b.      Dasar biologis
Ini diperoleh remaja melalui identififkasi pribadai ataupun penalaran dan aalisis tentang nilai.
  1. TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA BERKENAAN DENGAN KEHIDUPAN BERKELUARGA
Secara teoritis maka remaja dapat dibagi menjadi dua fase, yaitu: fasepertama adalah pubertas dan fase kedua dalah adolesense. Menurut Monks, Knoers, dan Siti Rahyau Harditono (2001), fase pertama menitik beratkan pada perkembangan  fisika dan seksual serta pengaruhnya terhadap gelaja-gejala psiko-sosial. Sedangkan fase kedua menitik beratkan pada aspek-aspek nilai-nilai, moral, pandanga hidup, dan hubungan kemasyarakatan.
1.      Faktor penting yang mempengaruhi penyesuaian terhadap pasangan ialah:
a.       Konsep tentang pasangan yang ideal.
b.      Pemenuhan kebutuhan
c.       Kesamaan latar belakang kehidupan
d.      Kesesuaian minat
e.       Kesesuaian kepentingan bersama
f.       Kepuasan nilai
g.      Konsep peran
h.      Perubahan dalam pola hidup
2.      Faktor penting yang memepengaruhi penyesuaian seksual ialah:
a.       Perilaku seksual
b.      Pengalaman seksual masa lalu
c.       Dorongan seksual
d.      Pengalaman seksual marital awal
e.       Sikap terhadap enggunaan alat kontrasepsi
3.      Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri dengan pihak keuarga pasangan ialah:
a.       Seterotipe tradisional
b.      Keinginan untuk mandiri
c.       Fanatisme keluarga
d.      Mobilitas sosial
e.       Anggota keluarga berusia lanjut
f.       Bantuan keuangan untuk keluarga pasangan
  1. IMPLIKASI TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN REMAJA BAGI PENDIDIKAN
Mengingat tugas-tugas perkembangan remaja harus dapat diselesaikan degan baik, maka membawa implikasi penting bagi penyelenggaraan pendidikan dalam rangka membantu remaja agar mampu meneyelesaikan tuas-tugas perkembangnnya dengan baik, yaitu:
1.      Sekolah dan perguruan tinggi perlu memberikan kesempatan melaksanakan kegiatan-kegiatan non akademik melalui berbagi perkumpulan, mislanya: perkumulan penggemar olahraga sejenis, kesenian, berorganisasi, kegiatan kratif produktif, kelompok-kelompok pengkajian, kepemimpinan, dan sjenisnya
2.      Bial terjadi remaja putra dan putri yang bertingkah laku tidak sesuai dengan jenis kelaminnya, maka perlu dibantu melalui bimbingan dan konselng agar sadar betul terhadap peranan jenis kelaminnya.
3.      Demikina juga dengan remaja putri terlalu mementingkan studi dan kariernya dan kemudian sagat mengabaikan perhatiannya untuk beusaha menyiapkan diri secara dini menjad seorang istri dan ibu, hendaka sekolah trurt membantunya agar ereka mampu menerima peranannya sebagai wanita.
4.      Siswa yang lambat perkembangan jasmaniya diberi kesempatan berlomab dalam kegiatan kelompoknya sendiri. Perlu diberikan penjelasan melalui bidang stusi biologi dan ilmu kesehatan bahwa pada diri remaja sedang terjadi perubahan jasmani yang bervariasi.
5.      Memberikan bantuan kepada siswa untuk memilih apangan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan keinginannya, sesuai dengan sistem kemasyarakatan yang dianutnya, dan membantu siswa mendapatkan pendidikan yang bermanfaat utuk mempersiapkan diri memasuki pekerjaan.

Komentar

  1. Sangat membantu saya dalam menambah pengetahuan dan literasi.Tapi tolong buatlah Blogspot tentang anime.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN GERBANG LOGIKA

cara mengembangkan potensi peserta didik