media pembelajaran audio visual
MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA
MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI
COREL VIDEO STUDIO PRO X6
Disusun oleh kelompok 4:
1.
Bemi
Eka Saputra ( RSAC314007 )
2.
Fadilla
Rahmayani ( RSAC317002 )
3.
Febriananda
( A1C317074 )
4.
Liza
Afrianita (A1C317006 )
5.
Nadia
Alfia Netta ( A1C317036 )
6.
Nur
Ika Sandi Pratiwi ( A1C317016)
PROGRAM
STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN
MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS
KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS
JAMBI
2018
KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama
Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji
syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan
inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul
“Makalah
Media Pembelajaran Fisika Media Audio Visual Dengan Menggunakan Aplikasi Corel
Video Studio Pro X6 .
Makalah ini telah kami
susun denga maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat
memperlancar pembuatan makalh ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima
kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari
sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun
tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran
dan kritik dari pembaca.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
Jambi, September 2018
Penyusun
BAB
I
PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
Pendidikan
merupakan salah satu aspek penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan
manusia. Karena dari pendidikan manusia berawal, dengan kata lain pendidikanlah
yang memanusiakan manusia. Bila di negeri ini tidak ada pendidikan sama artinya
tidak ada manusia yang utuh menjadi manusia.
Dari
pendidikan manusia dapat mengerti dan memahami akan suatu ilmu karena dari
pendidikan pula manusia akan mencari dan menemukan kebenaran. Sejak kecil atau
bahkan masih di dalam kandungan manusia membutuhkan pendidikan. Menurut
penelitian di negara Jepang, manusia dapat dikembangkan otaknya sejak masih di
dalam kandungan. Oleh sebab itu, wanita yang sedang mengandung pun sudah
melakukan dan memberikan pendidikan pada calon anak mereka. Begitu vitalnya
pendidikan demi kelangsungan hidup manusia.
Pendidikan
ada berbagai macam wujudnya, ada pendidikan formal dan informal. Pendidikan pun
memiliki cara yang beraneka dalam menyampaikan ilmu, ada berbagai strategi atau
metode. Dewasa ini pun bermunculan pendidikan yang variatif karena pendidikan
diperkaya dengan alat dan media yang serba canggih. Agaknya kemajuan teknologi
yang dialami oleh dunia pun mempengaruhi pendidikan. Tidak sedikit pendidikan
yang memanfatkan media elektronik dalam proses belajar mengajar. Ada yang
memanfaatkan media dari segi pendengarannya saja atau lebih akrab disebut
audio, ada pula yang memanfaatkan untuk melatih dan menarik pandangan siswa
disebut visual, dan adapula yang memanfaatkan keduanya yakni media audiovisual.
Penulis mengerucutkan pembahasan pada artikel ini. Penulis tidak membahas semua
media yang sebagaimana disebutkan di atas. Namun, penulis hanya membahas media
yang merangsang pendengaran dan penglihatan yakni media audiovisual.
B. Rumusan Masalah
1. Apa
yang dimaksud dengan media pembelajaran audio visual?
2. Apa
saja bentuk bentuk dari audio visual?
3. Apa
saja sifat dari audio visual?
4. Apa
saja karakteristik dan jenis media audiovisual?
5. Apa
saja kelebihan dan kelemahan dari audiovisual dalam pembelajaran?
6. Aplikasi
apa yang digunakan untuk mebuat media pembelajaran audio visual?
7. Bagaimana
langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi?
C. Tujuan
- Mengetahui
apa itu media pembelajaran audio visual.
- Mengetahui
bentuk bentuk dari audio visual.
- Mengetahui
sifat dari audio visual.
- Mengetahui
karakteristik dan jenis dari audio visual.
- Mengetahui
kelebihan dan kekurangan dari audio visual bagi pembelajaran.
- Mengetahui
aplikasi apa yang digunakan dalam membuat media pembelajaran audio visual
- Mengetahui
langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi
.
BAB
II
PEMBAHASAN
A. Pengertian Media Audio Visual
Pembelajaran
pada dasarnya bagian dari pendidikan, pembelajaran merupakan aktivitas yang
diselenggarakan oleh guru kepada siswa untuk membelajarkan siswa agar
memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan tujuan
pembelajaran dengan bantuan fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang sesuai
dengan tujuan pendidikan. Menurut
Djamarah & Zain (2013, hlm. 120) kata “media” berasal dari bahasa Latin dan
merupakan bentuk jamak dari kata “medium”, yang secara harfiah berarti
“perantara atau pengantar”. Dengan demikian, media merupakan wahana penyalur
informasi belajar atau penyalur pesan.
B. Bentuk-bentuk Media
Audio Visual
Berbicara
mengenai bentuk media, disini media memiliki bentuk yang bervariasi sebagaiman
dikemukakan oleh tokoh pendidikan, baik dari segi penggunaan, sifat bendanya,
pengalaman belajar siswa, dan daya jangkauannya, maupun dilihat dari segi
bentuk dan jenisnya.
Dalam
pembahasan ini Soedjarwono memaparkan audio visual diklasifikasikan menjadi
delapan kelas, antara lain
- Media
audio visual gerak contoh, televisi, video tape, film dan media audio pada
umumnaya seperti kaset program, piringan, dan sebagainya.
- Media
audio visual diam contoh, filmastip bersuara, slide bersuara, komik dengan
suara.
- Media
audio semi gerak contoh, telewriter, mose, dan media board.
- Media
visual gerak contoh, film bisu
- Media
visual diam contoh microfon, gambar, dan grafis, peta globe, bagan, dan
sebagainya
- Media
seni gerak
- Media
audio contoh, radio, telepon, tape, disk dan sebagainya
- Media
cetak contoh, televisef
C. Sifat media
audiovisual
Sebagai media pembelajaran dalam pendidikan dan pengajaran,
media audio- visual mempunyai sifat sebagai berikut:
·
Kemampuan untuk meningkatkan persepsi
·
Kemampuan untuk meningkatkan pengertian
·
Kemampuan untuk meningkatkan transfer
(pengalihan) belajar.
·
Kemampuan untuk memberikan penguatan
(reinforcement) atau pengetahuan hasil yang dicapai
·
Kemampuan untuk meningkatkan retensi
(ingatan).
D. Karakteristik Media
Audio-Visual & Jenis-jenisnya
Menurut
Miarso karakteristik media Audio-Visual adalah memiliki unsur suara dan unsure
gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi
kedua jenis media yang pertama dan kedua yaitu media audio dan visual.
Media
Audio-Visual terdiri atas :
1. Audiovisual
Diam
Yaitu
media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti :
a.
Film bingkai suara (sound slide)
b.
Film Rangkai bersuara (Film Strip)
c.
Halaman bersuara
2.
Audiovisual Gerak
Yaitu
media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti :
a.
Film suara
b.
Video / VCD
c.
Film Televisi
d.
Film Gelang (Loop Film)
E. Kelebihan &
Kelemahan Media Audio-Visual
Beberapa
Kelebihan atau kegunaan media Audio-Visual pembelajaran sama dengan pengajaran
Audio & visual yaitu]:
·
Memperjelas penyajian pesan agar tidak
terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan
belaka)
·
perbatasan ruang, waktu dan daya indera,
seperti:
- Objek
yang terlalu besar digantikan dengan realitas, gambar, filmbingkai, film
atau model
- Obyek
yang kecil dibantu dengan proyektor micro, film bingkai, film atau gambar
- Gerak
yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan tame lapse
atau high speed photografi
- Kejadian
atau peristiwa yang terjadi masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman
film,video, film bingkai, foto maupun secara verbal
- Obyek
yang terlalu kompleks (mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram,
dll
- Konsep
yang terlalu luas (gunung ber api, gempa bumi, iklim dll) dapat
divisualkan dalam bentuk film,film bingkai, gambar,dll.
Menurut
Oemar Hamalik sebagaimana yang dikutif oleh Asnawir menyatakan bahwa audio
visual yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
- Dapat
menarik siswa
- Benar
dan autentik
- Up
to date dalam setting, pakaian, dan lingkungan
- Perbendaharaan
bahasa yang dipergunakan secara benar
- Kesatuan
dan sequence nya cukup teratur
- Teknis
yang dipergunakan cukup memenuhi persyaratan dan cukup memuaskan.
Adapun
langkah-langkah pemanfaatan audio visual dalam proses pembelajaran hendaknya memperhatikan
hal-hal sebagai berikut :
a.
Audiovisual harus dipilih agar
sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hubungan audio dengan tujuan pembelajaran.
audiovisual untuk tujuan kognitif dapat digunakan untuk mengajarkan
pengenalan makna sebuah konsep. Seperti konsep jujur, sabar, demokrasi dan
lain-lain. audiovisual untuk tujuan psikomotorik dapat digunakan untuk
memerlihatkan contoh suatu keterampilan yang harus ditiru. Misalnya
keterampilan gerak karena media ini mampu untuk memperjelas gerak dan
memperlambat atau mempercepatnya. audiovisual paling tepat bila digunakan untuk
mempengaruhi sikap emosi.
b.
Guru harus mengenal audiovisual yang
tersedia dan terleih dahulu melihatnya untuk mengetahui manfaatnya bagi
pelajaran.
c.
Sesudah audiovisual dipertunjukkan perlu
diadakan diskusi, yang juga perlu disiapkan sebelumnya.
d.
Adakalanya audiovisual tertentu dapat
diputar dua kali atau lebih untuk memperhatikan bagian-bagian tertentu.
e.
Sesudah itu dapat di test berapa
banyakkah yang dapat mereka tangkap dari audiovisual itu.
- Kelemahan
audio visual adalah terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses
pengembangan materi tersebut.
F. Aplikasi yang Digunakan
- Corel
Video Studio Pro X6
·
Pengertian Corel Video Studio pro X6
Corel
video studio merupakan aplikasi pengedit video yang sangat lengkap dan mudah
penggunaannya, baik digunakan untuk siapa saja baik pemula dan yang sudah mahir
mengedit video di beragai apikasi. Aplikasi ini setiap tahun perusahaan
pengembangnya selalu mengupate aplikasinya secara berkala, dari x1, x2, x3, x4,
x5, x6 dan x7 telah terbit secara berkala. Namun tentunya aplikasi updatean
terbaru selalu memunyai kelebihan dari pada yang lama sayangnya untuk yang
terbaru belum tentu diberikan secara gratis untuk beberapa waktu alias
berbayar.
Beberapa
hala yagbisa dilakukan oleh aplikasi corel video studio pro x6 yaitu:
a. Menyambung
video
b. Membuatvideo
opening
c. Membuat
efek video
d. Merubaha
kualitasvideo
e. Menambah
gambar dan tulisan video
f. Memotong
video dan lain-lain.
·
Cara Meggunakan Aplikasi Corel Video
Sudio Pro X6
Ø Membuat
opening video, penyisip di tengah dan ending video.
§ Buka
apikasinya > pilih menu edit dan beginning seperti dibawah ini
§ Silahkan
pilih videonya yang kamu pilih, video penutup, video di awal atau ditengah dll.
Untuk
memeilihnya silahkan saja klik kanan di bagan video yang ingin kamu masukkan
dan pilih add at the beginin atau end.
Setelah
anda add maka video pembukaan atau penutup yang ita pilih tersebut akan masuk
di kolom edit kita. Tinggal kita proses saja dang anti-ganti saja huruf
pembukaan lebar dan panjang pembukaan dan lain-lain.
Ø Memotong,merubah
dan menggabungkan video
Diaplikasi
ini kita memotong video sangatlah mudah hanya dengan drag saja videonya sudah
terpotong dengan gampangnya. Upload video kamu yang ingin di potong>drag
kekiri atau kekanan untuk memotong video.
Untuk
mengupload video yang kita ingin edit dari laptop kita, tinggal tekan browse
dan drag videonya ke editor yang dibawah.
Tinggal
arahkan saja kursor kita ke pinggiran videonya setelah muncul tanda pemotong
videonya tinggal geser kekanan saja atau kekiri jika kita memotong videonya
dari akhir kekanan.
Untuk
menggabungkan video tinggal drag saja beberapa video yang kamu ingin gabungkan
hingga beberapa sekalipun. Dan untuk mensavenya pilih menu share
Kemudian
pilih jenis keluaran yang akan kamu inginkan, dalam proses iniah video kamu
bisa dirubah dari mp4, MPEG, dan lain-lain atau jenis apa pun dan bahkan bisa
merubahnya menjadi mp3.
Yang
dimaksud dengan same as project settings adalah videonya tidak diubah sama
sekalipun sama seperti video diawal sedangkan same as firs video clip adalah
menjadikan semua video sama seperti video clip pertama dimasukkan. Setelah kamu
pilih atau tekan salah satu maka.
Silahkan
pilih dimana video kamu akan tersimpan setelah selesai di proses nantinya. Kamu
bisa membuat folder dimana saja kamu suka ingin menyimpan.
Gambar
diatas adalah dimana video kamu sedang di proses digodok hingga selesai,
silahkan tunggu sebebntar tergantung seberapa besar projek video yang kamu punya.
Jika videonya HD biasanya akan memerlukan waktu lama untuk memprosesnya.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar.2006. Media
Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana dan Ahmad
Rivai. 2002. Media Pengajaran.
Bandung: Sinar Baru Algensindo.
S.Sadiman,Arief,dkk.2003.Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers
Djamarah, Bahri dan
Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar ,Jakarta: PT
Rineka
Iif, Khairu Ahmadi ,
dkk, 2010, Strategi Pembelajaran SBI dan
SBN, Jakarta: prestasi pustaka
Komentar
Posting Komentar