media pembelajaran audio visual


MAKALAH MEDIA PEMBELAJARAN FISIKA
 MEDIA AUDIO VISUAL DENGAN MENGGUNAKAN APLIKASI
COREL VIDEO STUDIO PRO X6
Description: D:\UNJA\index.png
Disusun oleh  kelompok 4:
1.          Bemi Eka Saputra ( RSAC314007 )
2.          Fadilla Rahmayani ( RSAC317002 )
3.          Febriananda ( A1C317074 )
4.          Liza Afrianita (A1C317006 )
5.          Nadia Alfia Netta ( A1C317036 )
6.          Nur Ika Sandi Pratiwi ( A1C317016)

PROGRAM STUDI PENDIDIKAN FISIKA
JURUSAN MATEMATIKA DAN ILMU PENGETAHUAN ALAM
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS JAMBI
2018
KATA PENGANTAR

Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, Kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “Makalah Media Pembelajaran Fisika Media Audio Visual Dengan Menggunakan Aplikasi Corel Video Studio Pro X6 .
Makalah ini telah kami susun denga maksimal dan mendapatkan bantuan dari berbagai pihak sehingga dapat memperlancar pembuatan makalh ini. Untuk itu kami menyampaikan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah berkontribusi dalam pembuatan makalah ini.
Terlepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa masih ada kekurangan baik dari segi susunan kalimat maupun tata bahasanya. Oleh karena itu dengan tangan terbuka kami menerima segala saran dan kritik dari pembaca.   
    Akhir kata kami berharap semoga makalah ilmiah tentang limbah dan manfaatnya untuk masyarakan ini dapat memberikan manfaat maupun inpirasi terhadap pembaca.
    

                                                                                      Jambi, September 2018
   
                                                                                             
 Penyusun





BAB I
PENDAHULUAN


A.  Latar Belakang
Pendidikan merupakan salah satu aspek penting yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Karena dari pendidikan manusia berawal, dengan kata lain pendidikanlah yang memanusiakan manusia. Bila di negeri ini tidak ada pendidikan sama artinya tidak ada manusia yang utuh menjadi manusia.
Dari pendidikan manusia dapat mengerti dan memahami akan suatu ilmu karena dari pendidikan pula manusia akan mencari dan menemukan kebenaran. Sejak kecil atau bahkan masih di dalam kandungan manusia membutuhkan pendidikan. Menurut penelitian di negara Jepang, manusia dapat dikembangkan otaknya sejak masih di dalam kandungan. Oleh sebab itu, wanita yang sedang mengandung pun sudah melakukan dan memberikan pendidikan pada calon anak mereka. Begitu vitalnya pendidikan demi kelangsungan hidup manusia.
Pendidikan ada berbagai macam wujudnya, ada pendidikan formal dan informal. Pendidikan pun memiliki cara yang beraneka dalam menyampaikan ilmu, ada berbagai strategi atau metode. Dewasa ini pun bermunculan pendidikan yang variatif karena pendidikan diperkaya dengan alat dan media yang serba canggih. Agaknya kemajuan teknologi yang dialami oleh dunia pun mempengaruhi pendidikan. Tidak sedikit pendidikan yang memanfatkan media elektronik dalam proses belajar mengajar. Ada yang memanfaatkan media dari segi pendengarannya saja atau lebih akrab disebut audio, ada pula yang memanfaatkan untuk melatih dan menarik pandangan siswa disebut visual, dan adapula yang memanfaatkan keduanya yakni media audiovisual. Penulis mengerucutkan pembahasan pada artikel ini. Penulis tidak membahas semua media yang sebagaimana disebutkan di atas. Namun, penulis hanya membahas media yang merangsang pendengaran dan penglihatan yakni media audiovisual.
B.  Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan media pembelajaran audio visual?
2.      Apa saja bentuk bentuk dari audio visual?
3.      Apa saja sifat dari audio visual?
4.      Apa saja karakteristik dan jenis media audiovisual?
5.      Apa saja kelebihan dan kelemahan dari audiovisual dalam pembelajaran?
6.      Aplikasi apa yang digunakan untuk mebuat media pembelajaran audio visual?
7.      Bagaimana langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi?
C.  Tujuan
  1. Mengetahui apa itu media pembelajaran audio visual.
  2. Mengetahui bentuk bentuk dari audio visual.
  3. Mengetahui sifat dari audio visual.
  4. Mengetahui karakteristik dan jenis dari audio visual.
  5. Mengetahui kelebihan dan kekurangan dari audio visual bagi pembelajaran.
  6. Mengetahui aplikasi apa yang digunakan dalam membuat media pembelajaran audio visual
  7. Mengetahui langkah-langkah dalam menggunakan aplikasi
.

BAB II
PEMBAHASAN

A.  Pengertian Media Audio Visual
Pembelajaran pada dasarnya bagian dari pendidikan, pembelajaran merupakan aktivitas yang diselenggarakan oleh guru kepada siswa untuk membelajarkan siswa agar memperoleh pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang sesuai dengan tujuan pembelajaran dengan bantuan fasilitas, perlengkapan dan prosedur yang sesuai dengan tujuan pendidikan.  Menurut Djamarah & Zain (2013, hlm. 120) kata “media” berasal dari bahasa Latin dan merupakan bentuk jamak dari kata “medium”, yang secara harfiah berarti “perantara atau pengantar”. Dengan demikian, media merupakan wahana penyalur informasi belajar atau penyalur pesan.  
B.  Bentuk-bentuk Media Audio Visual
Berbicara mengenai bentuk media, disini media memiliki bentuk yang bervariasi sebagaiman dikemukakan oleh tokoh pendidikan, baik dari segi penggunaan, sifat bendanya, pengalaman belajar siswa, dan daya jangkauannya, maupun dilihat dari segi bentuk dan jenisnya.
Dalam pembahasan ini Soedjarwono memaparkan audio visual diklasifikasikan menjadi delapan kelas, antara lain
  1. Media audio visual gerak contoh, televisi, video tape, film dan media audio pada umumnaya seperti kaset program, piringan, dan sebagainya.
  2. Media audio visual diam contoh, filmastip bersuara, slide bersuara, komik dengan suara.
  3. Media audio semi gerak contoh, telewriter, mose, dan media board.
  4. Media visual gerak contoh, film bisu
  5. Media visual diam contoh microfon, gambar, dan grafis, peta globe, bagan, dan sebagainya
  6. Media seni gerak
  7. Media audio contoh, radio, telepon, tape, disk dan sebagainya
  8. Media cetak contoh, televisef
C.  Sifat media audiovisual
Sebagai media pembelajaran dalam pendidikan dan pengajaran, media audio- visual mempunyai sifat sebagai berikut:
·         Kemampuan untuk meningkatkan persepsi
·         Kemampuan untuk meningkatkan pengertian
·         Kemampuan untuk meningkatkan transfer (pengalihan) belajar.
·          Kemampuan untuk memberikan penguatan (reinforcement) atau pengetahuan hasil yang dicapai
·         Kemampuan untuk meningkatkan retensi (ingatan).
D.  Karakteristik Media Audio-Visual & Jenis-jenisnya
Menurut Miarso karakteristik media Audio-Visual adalah memiliki unsur suara dan unsure gambar. Jenis media ini mempunyai kemampuan yang lebih baik, karena meliputi kedua jenis media yang pertama dan kedua yaitu media audio dan visual.
Media Audio-Visual terdiri atas :
1.    Audiovisual Diam 
Yaitu media yang menampilkan suara dan gambar diam seperti :
a.         Film bingkai suara (sound slide)
b.         Film Rangkai bersuara (Film Strip) 
c.         Halaman bersuara
2. Audiovisual Gerak 
Yaitu media yang dapat menampilkan unsur suara dan gambar yang bergerak seperti :
a.         Film suara
b.         Video / VCD
c.         Film Televisi 
d.        Film Gelang (Loop Film)
E.  Kelebihan & Kelemahan Media Audio-Visual
Beberapa Kelebihan atau kegunaan media Audio-Visual pembelajaran sama dengan pengajaran Audio & visual yaitu]:
·         Memperjelas penyajian pesan agar tidak terlalu bersifat verbalistis (dalam bentuk kata-kata, tertulis atau lisan belaka)
·         perbatasan ruang, waktu dan daya indera, seperti: 
  1. Objek yang terlalu besar digantikan dengan realitas, gambar, filmbingkai, film atau model
  2. Obyek yang kecil dibantu dengan proyektor micro, film bingkai, film atau gambar
  3. Gerak yang terlalu lambat atau terlalu cepat dapat dibantu dengan tame lapse atau high speed photografi
  4. Kejadian atau peristiwa yang terjadi masa lalu bisa ditampilkan lagi lewat rekaman film,video, film bingkai, foto maupun secara verbal
  5. Obyek yang terlalu kompleks (mesin-mesin) dapat disajikan dengan model, diagram, dll
  6. Konsep yang terlalu luas (gunung ber api, gempa bumi, iklim dll) dapat divisualkan dalam bentuk film,film bingkai, gambar,dll.
Menurut Oemar Hamalik sebagaimana yang dikutif oleh Asnawir menyatakan bahwa audio visual yang baik memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
  1. Dapat menarik siswa
  2. Benar dan autentik
  3. Up to date dalam setting, pakaian, dan lingkungan
  4. Perbendaharaan bahasa yang dipergunakan secara benar
  5. Kesatuan dan sequence nya cukup teratur
  6. Teknis yang dipergunakan cukup memenuhi persyaratan dan cukup memuaskan.
       Adapun langkah-langkah pemanfaatan audio visual dalam proses pembelajaran hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
a.         Audiovisual harus dipilih agar sesuai dengan tujuan pembelajaran. Hubungan audio dengan tujuan pembelajaran.  audiovisual untuk tujuan kognitif dapat digunakan untuk mengajarkan pengenalan makna sebuah konsep. Seperti konsep jujur, sabar, demokrasi dan lain-lain. audiovisual untuk tujuan psikomotorik dapat digunakan untuk memerlihatkan contoh suatu keterampilan yang harus ditiru. Misalnya keterampilan gerak karena media ini mampu untuk memperjelas gerak dan memperlambat atau mempercepatnya. audiovisual paling tepat bila digunakan untuk mempengaruhi sikap emosi.
b.        Guru harus mengenal audiovisual yang tersedia dan terleih dahulu melihatnya untuk mengetahui manfaatnya bagi pelajaran.
c.         Sesudah audiovisual dipertunjukkan perlu diadakan diskusi, yang juga perlu disiapkan sebelumnya.
d.        Adakalanya audiovisual tertentu dapat diputar dua kali atau lebih untuk memperhatikan bagian-bagian tertentu.
e.         Sesudah  itu dapat di test berapa banyakkah yang dapat mereka tangkap dari audiovisual itu.  
  1. Kelemahan audio visual adalah terlalu menekankan pentingnya materi ketimbang proses pengembangan materi tersebut.
F. Aplikasi yang Digunakan
  1. Corel Video Studio Pro X6
·           Pengertian Corel Video Studio pro X6
Corel video studio merupakan aplikasi pengedit video yang sangat lengkap dan mudah penggunaannya, baik digunakan untuk siapa saja baik pemula dan yang sudah mahir mengedit video di beragai apikasi. Aplikasi ini setiap tahun perusahaan pengembangnya selalu mengupate aplikasinya secara berkala, dari x1, x2, x3, x4, x5, x6 dan x7 telah terbit secara berkala. Namun tentunya aplikasi updatean terbaru selalu memunyai kelebihan dari pada yang lama sayangnya untuk yang terbaru belum tentu diberikan secara gratis untuk beberapa waktu alias berbayar.
Beberapa hala yagbisa dilakukan oleh aplikasi corel video studio pro x6 yaitu:
a.       Menyambung video
b.      Membuatvideo opening
c.       Membuat efek video
d.      Merubaha kualitasvideo
e.       Menambah gambar dan tulisan video
f.       Memotong video dan lain-lain.
·           Cara Meggunakan Aplikasi Corel Video Sudio Pro X6
Ø  Membuat opening video, penyisip di tengah dan ending video.
§   Buka apikasinya > pilih menu edit dan beginning seperti dibawah ini
Description: C:\Users\My Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\membuat opening video.png
§   Silahkan pilih videonya yang kamu pilih, video penutup, video di awal atau ditengah dll.
Description: C:\Users\My Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\cara membuat video ending di cerel video studio.png
Untuk memeilihnya silahkan saja klik kanan di bagan video yang ingin kamu masukkan dan pilih add at the beginin atau end.
Description: C:\Users\My Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\membuat video ending dan begining di corel video studio.png
Setelah anda add maka video pembukaan atau penutup yang ita pilih tersebut akan masuk di kolom edit kita. Tinggal kita proses saja dang anti-ganti saja huruf pembukaan lebar dan panjang pembukaan dan lain-lain.
Ø  Memotong,merubah dan menggabungkan video
Diaplikasi ini kita memotong video sangatlah mudah hanya dengan drag saja videonya sudah terpotong dengan gampangnya. Upload video kamu yang ingin di potong>drag kekiri atau kekanan untuk memotong video.
Description: C:\Users\My Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\mengupload video yang akan diedit.png
Untuk mengupload video yang kita ingin edit dari laptop kita, tinggal tekan browse dan drag videonya ke editor yang dibawah.
Description: C:\Users\My Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\memotong video di corelvideo studio pro.png
Tinggal arahkan saja kursor kita ke pinggiran videonya setelah muncul tanda pemotong videonya tinggal geser kekanan saja atau kekiri jika kita memotong videonya dari akhir kekanan.
Untuk menggabungkan video tinggal drag saja beberapa video yang kamu ingin gabungkan hingga beberapa sekalipun. Dan untuk mensavenya pilih menu share
Description: C:\Users\My Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\menyimpan video di corelvideo studio.png
Kemudian pilih jenis keluaran yang akan kamu inginkan, dalam proses iniah video kamu bisa dirubah dari mp4, MPEG, dan lain-lain atau jenis apa pun dan bahkan bisa merubahnya menjadi mp3.
Yang dimaksud dengan same as project settings adalah videonya tidak diubah sama sekalipun sama seperti video diawal sedangkan same as firs video clip adalah menjadikan semua video sama seperti video clip pertama dimasukkan. Setelah kamu pilih atau tekan salah satu maka.
Description: C:\Users\My Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\menyipan video di corel draw studio.png
Silahkan pilih dimana video kamu akan tersimpan setelah selesai di proses nantinya. Kamu bisa membuat folder dimana saja kamu suka ingin menyimpan.
Description: C:\Users\My Asus\AppData\Local\Microsoft\Windows\INetCache\Content.Word\pemrosesan Video di corel studio.png
Gambar diatas adalah dimana video kamu sedang di proses digodok hingga selesai, silahkan tunggu sebebntar tergantung seberapa besar projek video yang kamu punya. Jika videonya HD biasanya akan memerlukan waktu lama untuk memprosesnya.
DAFTAR PUSTAKA
Arsyad, Azhar.2006. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sudjana, Nana dan Ahmad Rivai. 2002. Media Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.
S.Sadiman,Arief,dkk.2003.Media Pendidikan. Jakarta: Rajawali Pers Djamarah, Bahri dan
Aswan Zain, 2006, Strategi Belajar Mengajar ,Jakarta: PT Rineka
Iif, Khairu Ahmadi , dkk, 2010, Strategi Pembelajaran SBI dan SBN, Jakarta: prestasi pustaka


Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN GERBANG LOGIKA

cara mengembangkan potensi peserta didik

tugas-tugas perkembangan remaja