Media pembelajaran komik

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT. atas limpahan rahmat, karunia, dan hidayahNya, penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul PENGGUNAAN MEDIA KARTUN DALAM PEMBELAJARAN FISIKA. Penulisan makalah ini bertujuan untuk memenuhi salah satu tugas mata media pembelajaran.

Sebagai tenaga profesional, guru harus berusaha dengan berbagai cara agar mata pelajaran fisika menjadi mata pelajaran yang disenangi siswa, yang pada gilirannya dapat meningkatkan  hasil belajar atau prestasi siswa. Salah satu kemampuan guru untuk menarik minat siswa dalam belajar adalah dalam hal memilih dan menggunakan media yang relevan dengan materi pelajaran dan tahap perkembangan siswa. Penggunaan media dalam bentuk gambar dapat membangkitkan semangat dan motivasi siswa, terutama siswa Sekolah Dasar untuk dapat menerima pelajaran fisika dengan baik. Oleh karena itu, dengan melibatkan gambar-gambar kartun dalam pembelajaran diharapkan siswa menyukai materi pelajaran dan memahami materi sehingga siswa dapat menerima pelajaran yang dipelajarinya.

Penulis menyadari bahwa bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna. Oleh karena itu, dengan segala kerendahan hati, penulis sangat mengharapkan masukan, saran, serta pendapat dari semua pihak untuk kesempurnaan tugas pembuatan makalah ke depannya. Harapan penulis makalah ini dapat bermanfaat dan menjadi sumbangan pemikiran bagi pihak yang membutuhkan, khususnya bagi penulis sehingga tujuan yang diharapkan dapat tercapai.

     Jambi,14 – September- 2018



Penulis

BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang Masalah

Fisika sangat penting untuk diajarkan, karena mempunyai keterkaitan dengan mata pelajaran lain, dan teraplikasi dalam kehidupan sehari-hari. Dalam kehidupannya manusia tidak bisa terlepas dari fisika, baik secara langsung maupun tidak langsung. Oleh karena itu, kemampuan di bidang fisika mutlak harus dimiliki oleh setiap siswa.

fisika merupakan pelajaran pokok yang diajarkan di jenjang SMP, SMA.  sekolah, mulai dari tingkat SMP sampai perguruan tinggi dengan tujuan agar setiap siswa memiliki kemampuan yang memadai di bidang fisika. Selain itu, salah satu tujuan diajarkannya mata pelajaran fisika  di sekolah adalah agar peserta didik memiliki sikap menghargai kegunaan fisika dalam kehidupan, yaitu memiliki rasa ingin tahu, perhatian, dan minat dalam mempelajari fisika, serta ulet dan percaya diri dalam pemecahan masalah.

Tujuan fisika tidak akan tercapai jika masih banyak siswa yang tidak menyenangi mata pelajaran fisika. Adanya sikap apatis sebagian siswa terhadap pelajaran fisika mengakibatkan rendahnya hasil belajar atau prestasi siswa di bidang fisika dibandingkan dengan mata pelajaran lain. Kurangnya minat siswa terhadap fisika perlu dikaji dari berbagai komponen pembelajaran, antara lain menyangkut guru (pengajar), siswa (peserta didik), situasi pengajaran, dan lingkungan. Namun dalam proses pembelajaran, guru memiliki peran yang sangat penting serta merupakan kunci utama dalam mencapai tujuan pendidikan.

B.  Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang permasalahan di atas, maka yang menjadi rumusan masalah dalam penulisan makalah ini ialah sebagai berikut:

Bagaimana penerapan kartun dalam pembelajaran fisika?
Apa kelebihan dan kelemahan penggunaan kartun dalam pembelajaran fisika?
Aplikasi apa yang digunakan untuk membuat media kartun dan bagaimana cara menggunakannya ?

C.  Tujuan Makalah

Berdasarkan rumusan masalah di atas, maka tujuan dari makalah ini ialah sebagai berikut:

Untuk mengetahui penerapan kartun dalam pembelajaran fisika.
Untuk mengetahui kelebihan dan kelemahan penggunaan kartun dalam pembelajaran fisika.
Untuk mengetahui aplikasi apa yang digunakan dalam membuat media kartun dan bagaimana cara menggunakannya.














BAB II
PEMBAHASAN

Penerapan Kartun dalam Pembelajaran

Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan atau karikatur tentang orang, gagasan, atau situasi yang disalin untuk mempengaruhi opini masyarakat. Kartun sebagai alat bantu mempunyai peran penting dalam pembelajaran, terutama untuk menjelaskan rangkaian isi, bahan dalam suatu urusan logis atau mengandung makna. Kekuatan kartun untuk mempengaruhi pikiran siswa terletak pada kekompakannya, penyederhanaan isinya, dan perhatian sungguh-sungguh yang dapat dibangkitkan secara tajam melalui gambar-gambar yang mengandung humor. Kartun merupakan sumber informasi yang dapat dicerna melalui visual yang kuat. Banyak orang mengandalkan kartun guna memperoleh informasi dari objek yang diinginkan, daripada harus membaca atau mendengarkan.

Penggunaan kartun dalam media pembelajaran menumbuhkan minat belajar dan usaha untuk mengerti tentang apa yang dipelajari oleh siswa. Hal tersebut menunjukan bahwa kartun bisa menjadi sarana dalam pembelajaran guna memotivasi siswa agar dapat berpikir efektif dan efisien. Kartun-kartun yang sesuai dalam materi yang diambil akan menumbuhkan minat, bakat, dan menggali kemampuan siswa untuk memahami dan menguasai materi yang diajarkan oleh guru.

    Kartun adalah penggambaran dalam bentuk lukisan dan karikatur tentang orang, gagasan atau  situasi yang didesain untuk mempengaruhi opini masyarakat. Kartun memeiliki peran sebagai alat bantu yang mempunyai manfaat penting dalam pengajaran, terutana dalam menjelaskan rangkaian isi bahan dalam suatu urutan logis atau mengandung makna. Kartun yang baik hanya mengandung satu gagasan saja. Ciri khas kartun memakai karikatur, sindiran yang dilebih-lebihkan perlambang dan humor pilihan. Kekuatan kartun untuk mempengaruhi pendapat umum, terletak pada kekompakannya.
 
Untuk tujuan pembelajaran seorang guru hendaknya mampu menilai dan memilih kartun yang baik dan berkualitas sehingga akan membantu terlaksananya proses belajar mengajar yang efektif dan efesien. Untuk tujuan ini, maka seorang guru dalam memilih dan menilai kartun yang akan digunakan untuk media pembelajaran hendaknya memperhatikan hal-hal sebagai berikut:

Pemakaian sesuai dengan tingkat pengalaman.
Pertimbangan pertama adalah arti kartun hendaklah dimengerti oleh para siswa pada saat kartun tersebut digunakan. Misalnya kartun mengenai bantuan luar negeri atau perang dingin, akan kecil artinya bagi murid kelas enam yang belum mempelajari judul- judul tersebut. Akan tetapi judul ini mungkin akan memberikan pengaruh yang signifikan terhadap siswa SMA.
Kesederhanaan
Memperkirakan arti kartun dapat dimengerti, berarti ada beberapa perwatakan fisik yang diinginkan dari kartun- kartun yang baik. Satu diantaranya adalah kesederhanaan. Secara umum dapat dikatakan bahwa kartun- kartun yang baik hanya berisi hal yang penting- penting saja. Kemampuan imajinasi dan daya cipta artistik pencipta kartun tampak dari keseluruhan pengaruh yang dapat dicapai melalui unsur- unsur fisik dan gagasanya. Perwatakan fisik lainnya adalah singkatnya keterangan.
Beberapa kartun bahkan tidak memerlukan keterangan sama sekali, karena lukisan itu sendiri telah menyampaikan gagasan tanpa bantuan kata- kata. Walaupun kartun sosial politik biasanya memerlukan keterangan namun harus jelas singkat langsung. Penjelasan yang panjang lebar tidak perlu jika kartun dibentuk serta dibuat dengan baik.

 Lambangnya yang jelas
Ciri ketiga dari kartun yang efektif adalah kejelasan dari pengertian- pengertian simbolis. Lambang –lambang yang menggambarkan konsep- konsep yan lebih abstrak seperti hak- hak negara, kemanusiaan, dan kemerdekaan sulit disampaikan. Dalam al ini maka kemampuan si pencipta kartun diharapkan kepada tantangan yang berat. Sehubungan dengan itu para guru haruslah berhati- hati dalam memilih kartun- kartun dengan lambang- lambangnya dan tidak terlalu sukar dipahami oleh siswa.



Kegunaan dari pembuatan media kartun adalah sebagai berikut
Untuk motivasi
Sesuai dengan wataknya kartun yang efektif akan menarik perhatian serta menumbuhkan minat belajar siswa. Ini menunjukkan bahan kartun bisa menjadi alat motivasi yang bergua di kelas. Beberapa kartun dengan topik yang sedang hangat, bilamana cocok dengan tujuan- tujuan pengajaran, merupakan pembuka diskusi yang efektif.

Sebagai ilustrasi
Kartun dapat digunakan sebagai ilustrasi dalam kegiatan pengajaran. Namun guru perlu selektif dalam memilih kartun untuk menjaga reaksi lelucon yang murni diantara siswa dan tidak kehilangan perhatian kepada bagian- bagian yang terinci yang tidak ada hubungannya dengan maksud pembuat kartun.
     
 Untuk kegiatan siswa
Jenis lain dari kartun yag dipergunakan adalah kreasi  kartun kartun yang dibuat siswa sendiri. Para siswa membuat kartun untuk menumbuhkan minat, misaldalam kampanye kebersihan, keselamatan mengemudi dan lain- lain. Dijumpai pula beberaaapa kartun yang bertemakan kampanye- kampanye tentang mengingtkan rasa kesedihan, ketangkasan olah raga, dan kampanye tentang kebiasaan makan diruangan. Maksud dari hasil karya siswa itu yang berisi jenis lelucon yang sesuai dengan tingkat kematangannya adalah menyuarakan perasaan para siwa. Kartun- kartun yang dibuat para siswa dapat dimanfaatkanjuga untuk keperluan pengajaran.

Kelebihan dan Kekurangan

Kelebihan dari pengunaan kartun dalam pembelajaran fisikaa antara lain:
Kartun dapat maenarik perhatian siswa sehingga materi yang diajarkan dapat tersampaikan dengan baik.
Kartun dijadikan abstraksi dalam pembelajaran sehingga siswa dapat memahami materi lebih baik karena imajinasi siswa terpancing saat melihat kartun yang berisi materi fisika.
Kartun dapat memberikan dampak positif pada siswa berupa ingatan tentang materi yang diajarkan pada proses pembelajaran.
 Kartun dapat menghilangkan kejenuhan dalam belajar

Adapun kekurangannya antara lain:
Perlu adanya pengawasan lebih pada proses pembelajaran karena siswa hanya akan bermain dengan kartun saja tanpa memperhatikan materi pelajaran.
Pemilihan kartun yang sesuai dengan materi sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran, sehingga guru membutuhkan waktu lebih lama dalam mempersiapkan materi yang akan diberikan.
Membutuhkan waktu yang lebih lama daripada proses pembelajaran konvensional.

Aplikasi yang Digunakan dan Cara Penggunaan Aplikasi
Camscanner
CamScanner adalah aplikasi yang mempermudah penggunanya untuk men-scan ID, berkas, cover buku atau apapun sesuai dengan kebutuhan kita. Hasil scan yang keluar sangat jernih mirip dengan aslinya atau mirip dengan menggunakan alat scan biasa.
Adapun fitur-fitur yang dimiliki oleh aplikasi CamScanner ini, diantaranya adalah sebagai berikut:
– Mobile Scanner
Fitur ini memungkinkan anda untuk memanfaatkan kamera ponsel anda untuk keperluan scanning suatu dokumen.
– Optimize Scan Quality
Fitur ini menawarkan dua fungsi, yaitu smart cropping dan auto enhancing yang menjadikan text dan gambar terlihat jelas dan tajam.

– Quick Search
Fitur ini memudahkan anda mencari dokumen hasil scan hanya dengan memasukkan kata kunci dari judul dokumen yang telah kita scan.
– Share PDF/JPEG Files
Melalui fitur ini, anda dapat berbagi atau mengirimkan dokumen hasil scan dengan mudah, baik dalam bentuk PDF atau JPEG, kepada pihak lain melalui sosial media, email attachment, atau media lainnya.
– Advanced Editing
 Jika anda ingin memberikan catatan-catatan kecil atau watermark terhadap dokumen anda, maka fitur ini dapat anda gunakan untuk mengedit dokumen anda sesuai dengan yang diinginkan.
– Secure Important Document
 Fitur ini dapat anda gunakan untuk mengamankan dokumen anda, yaitu dengan cara memberikan password untuk membuka dokumen tersebut.
Cara Penggunaan Aplikasi :
Buka Aplikasi Playstore
Unduh Aplikasi CamScanner
Anda akan diarahkan pada tampilan Selamat Datang ke CamScanner. Disini Anda bisa membuat maupun masuk ke dalam akun CamScanner Anda. Jika tidak, tap Gunakan sekarang untuk langsung menuju ke menu utama Camscanner tanpa login.

Untuk memulai proses scan, tap Mulai Pemindaian pada ikon yang bergambar kamera di sebelah kanan bawah layar android Anda.

Izinkan CamScanner untuk mengambil gambar dan merekam video.

Siapkan dokumen yang hendak Anda scan dan pilih tipe dokumen yang ada pada camscanner.

Untuk lebih menyempurnakan hasil camscanner nanti, aturlah canvas dengan menggeser bulatan-bulatan kecil pada bingkai. Jika sudah klik tanda centang.

Kita bisa memberikan efek-efek tertentu pada hasil camscanner yang akan dihasilkan nanti..

Jika dokumen yang Anda scan lebih dari satu, Anda bisa mengulang kembali poin-poin cara menggunakan camscanner di atas dengan mentap ikon kamera.


Autodesk Sketchbook Pro
Autodesk Sketchbook Pro adalah alat bagi desainer untuk membuat sketsa yang tidak saja dapat mengekspresikan idealisme desainer bahkan sekaligus alat komunikasi yang representatif bagi desainer untuk berkomunikasi secara efektif kepada dirinya sendiri, sesama desainer, klien maupun awam. Sketchbook Pro sangat mudh digunakan karena menu yang interaktif dan tidak rumit namun sudah memenuhi kompetensi mendasar bagi suatu program gambar yang dapat menghasilkan gambar dengan kualitas menawan.
Hal ini dikarenakan Autodesk Sketchbook Pro digunakan secara alamiah seperti halnya menggambar sketsa dengan kertas dan alat gambar klasik, seperti pensil ataupun ballpen, dll. Alamiah yang dimaksud disini adalah hasil guratan menyerupai alat aslinya tanpa effect dan seting yang rumit dan merepotkan bagi mereka yang menghendaki kealamiahan. Sehingga bagi mereka yang mengharapkan operasional program gambar 2D semudah alat gambar klasik, Sketchbook Pro sepertinya dapat memenuhi harapan tersebut. Karena kemudahan pemakaiannya, Sketchbook Pro dapat digunakan oleh siapapun, berapapun usianya dan profesinya. Seperti halnya metode klasik, hasil Sketchbook Pro bukan ditentukan oleh kecanggihan programnya melainkan oleh kehandalan anda dalam menggambar dan memanfaatkan feature- feature sederhananya.
Cara Penggunaan Aplikasi :
Buka aplikasi Autodesk Sketchbook Pro, lalu tambahkan gambar dengan cara klik Import Image

Mulailah untuk mewarnai gambar yang telah dipilih , dengan cara klik Color Editor
pilih warna untuk background sesuai dengan yang anda inginkan
     
Pilihlah ikon pada gambar nomor 1 untuk memilih model pensil yang akan digunakan
kemudian pada gambar 2 akan mucul model-model pensil yang akan kita pilih
         
Pilih ikon pada gambar 1 untuk  menggaris.
 kemudian akan mucul pilihan penggaris yang ingin digunakan.
         
Pilih ikon gambar yang ditunjuk oleh tanda panah untuk meng undo jika terjadi kesalahan saat pengeditan.

Pilih fill untuk memilih pola pewarnaa
lalu pilih pola pewarnaan untuk memulai pewarnaan background
             
Gambar yang telah selesai di warnai

Pilih ikon pada gambar  untuk menyimpan

kemudian akan mucul pilihan seperti gambar dan mulai lah menyimpan file. Dan pilih save to device.



BAB III
PENUTUP
 Kesimpulan
Komik adalah salah satu media yang menyampaikan cerita melalui ilustrasi gambar, gambar berfungsi sebagai pendeskripsian cerita. Adapun jenis-jenis komik yaitu komik karikatur, komik strip dan buku komik. Komik mempunyai kekurangan yaitu dapat membuat malas, menumpulkan imajinasi, iritasi mata dan kenakalan remaja jika cerita yang disajikan dalam komik tersebut negatif.
Kelebihan komik yaitu dapat menumbuhkan minat baca, belajar membaca, berhitung dan menjadi motivasi anak dalam belajar karena materi yang disajikan dikemas  semenarik mungkin. Dalam kawasan teknologi pendidikan, komik termasuk dalam kawasan desain yaitu desain pesan, dengan merekayasa bentuk fisik dari pesan. Dalam penyajian komik sebagai media pembelajaran haruslah memperhatikan karestistik dari komik dan tahap-tahap yang harus ditempuh.

Saran
Dalam proses pembuatan komik harus memperhatikan karakteristik si pebelajar dan harus melalui tahap-tahap tertentu. Unsur-unsur visual harus dibuat secara harmonis karena dapat mempengaruhi pesan yang akan disampaikan. Jika ingin menggunakan komik sebagai media pembelajaran maka materi yang akan disajikan harus disiapkan terlebih dahulu. Cerita dalam komik pun harus menyesuaikan materi yang akan disampaikan.


Daftar Pustaka
Agung Jatmiko, Maridi, Joko Ariyanto. 2012.  PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE CIRC (Cooperative Integrated Reading and Composition) DISERTAI MEDIA KOMIK BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA DALAM PELAJARAN BIOLOGI PADA SISWA KELAS VII-A SMP NEGERI 14 SURAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. Pdf

Seels, Barbara B.,dkk. Teknologi Pembelajaran.2004.Jakarta:UNJ

Hermawan, Herry, dkk. 2011. Media Pembelajaran Sekolah Dasar. Bandung: UPI Press.

http://cstc.ciptasatria.com/knowledgebase/proses-sketsa-alamiah-menggunakan-sketchbook-pro-2015/ (Diakses pada 13 September 2018)

https://www.kompasiana.com/inadhifa89/5518f04fa333114913b6593e/camscanner-pada-android-memudahkan-untuk-scan-id-dan-berkas (Diakses pada 13 September 2018)nurikasandi.co.id.media-pembelajaran-komik.html/

Komentar

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN GERBANG LOGIKA

cara mengembangkan potensi peserta didik

tugas-tugas perkembangan remaja